.

hate me, im perfect

Kamis, 28 Februari 2013

Apakah pengetahuan pancasila bersifat ilmiah? Jika ia buktikan dan jika tidak juga buktikan!



Jawaban :
Menurut saya jika diplajari dari filsafatnya, atau pancasila sbg sistem filsafat, pengetahuan pancasila bersifat ilmiah. Pancasila adalah, konsep, dalil dan generalisasi, jika dipandang dari filsafat epistemologi maka pancasila adalah sistem pengetahuan dan sumber ilmu pengetahuan orang Indonesia. Selain itu apabila dilihat dari  syarat-syarat  suatu ilmu pengetahuan dikatakan keilmiahan pengetahuan pancasila saya kira sudah memenuhi hal tersebut.
Syarat-syarat ilmiah sebagai berikut :
  1. Berobjek        
Objek yang ada di dalam filsafat ilmu pengetahuan dibagi menjadi 2 macam yaitu objek farma dan objek material. objek farma pancasila yaitu suatu sudut pandang dari sudut pandang apa pancasila itu dibahas. pada hakikatnya pancasila dapat dibahas dari berbagai macam ssudut pandang, yaitu dari sudut pandang “moral” (moral pancasila), dari sudut pandang “ ekonomi” (ekonomi pancasila), dari sudut pandang “pers” (pers pancasila), dari sudut pandang “hukum dan kenegaraan” (pancasila yuridis kenegaraan), dari sudut pandang “filsafat” (filsafat pancasila).
            Objek material pancasila adalah suatu objek yang merupakan sasaran pembahasan pancasila baik yanag bersifat empiris dan nonempiris. Objek yang bersifat emperis diantaranya pancasila adalah bangsa Indonesia dengan segala aspek budayanya dalam bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang berupa lembaran sejarah, bukti-bukti sejarah, benda-benda sejarah, benda-benda budaya, lembaran Negara, lembaran hukum maupun naskah-naskah kenegaraan lainnya, maupun adat-istiadat bangsa, Indonesia sendiri. Objek yang bersifat nonempiris antara lain meliputi nilai-nilai budaya, nilai moral sera nilai-nilai religius yang tercermin dalam keperibadian, sifat, karakter, dan pola-pola budaya dalam masyarakat, berbangsa dan bernegara.

  1. Bermetode
Metode yaitu seperangkat cara atau sistem pendekatan dalam rangka pembahasan pancasila untuk mendapatkan suatu kebenaran yang bersifat objektif. Metode dalam pembahasan pancasila adalah metode analitico synthetic, yaitu suatu perpaduan metode analisis dan sintesis. Dalam pengetahuan pancasila/filsafat pancasila lazim digunakan metode hermeneutical yaitu suatu metode untuk menemukan makna di balik objek, demikian juga metode interpretas dan kedua metode tersebut senantiasa didasarkan atas hukum-hukum logika dalam suatu penarikan.

  1. Bersistem
Sebuah sistem sangat penting dan harus ada disetiap apapun termasuk ilmu pengetahuan, karena dalam suatu ilmu pengetahuan bagian-bagian itu saling terus berhubungan, baik berupa hubungan interelasi (saling hubungan) maupun interdependensi (saling ketergantungan). Pembahasan pengetahuan Pancasila secara Ilmiah harus merupakan satu kesatuan dan keutuhan bahkan pengetahuan pancasila itu sendiri dalam dirinya sendiri adalah merupakan suatu kesatuan dan keutuhan majemuk tunggal yaitu kelima sila-sila pancasila yang tidak boleh dihilangkan salah satunya karena merupakan sebuah system yang bersatu.

  1. Bersifat Universal
Bukti bahwa Pengetahuan Pancasila bersifat universal terlihat dari intisari, essensi atau makna terdalam dari sila-sila pancasila yang hakikatnya dimiliki, dijalankan, dipeluk oleh semua orang di Dunia hanya saja dalam bentuk dan nama yang berbeda tapi maknanya adalah sama.

2 komentar:

  1. terima ksh gan postingannya sangat membantu untuk tugas sya di kampus

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak gan ... postingannya bermanfaat sekali.

    BalasHapus