.

hate me, im perfect

Jumat, 10 Agustus 2012

“Terwujudnya Pelestarian Alam Melalui Olah Raga”



Walaupun bukan mahasiswa olahraga ataupun sejenisnya saya rasa perlu berbagi sedikit pikiran dengan teman-teman/kawan-kawan semua. Tulisan ini saya dedikasikan untuk alam yang semakin merintih kesakitan akibat kekacauan kerusakan alam yang kian menjadi-jadi. Olahraga merupakan alat untuk merangsang pertumbuhan dan perkembangan jasmani, rohani dan sosial selain itu pula olahraga adalah suatu bentuk kegiatan jasmani yang terdapat di dalam permainan, perlombaan dan kegiatan intensif dalam rangka memperoleh relevansi kemenangan dan prestasi optimal. Sedangkan pendidikan jasmani berarti suatu proses pendidikan seseorang sebagai perorangan atau anggota masyarakat yang dilakukan secara sadar dan sistematik melalui berbagai kegiatan jasmani untuk memperoleh pertumbuhan jasmani, kesehatan dan kesegaran jasmani, kemampuan dan keterampilan, kecerdasan dan perkembangan watak serta kepribadian yang harmonis dalam rangka pembentukan manusia Indonesia berkualitas berdasarkan Pancasila.
Seperti yang kita ketahui Masyarakat dunia saat ini di hadapkan pada kasus yang serius yakni mengenai kerusakan lingkungan yang berdampak besar pada kasus efek rumah kaca. Dampak yang sedemikian besar inilah menjadi perhatian serius negara-negara didunia tidak terkecuali juga organisasi-organisasi internasional baik regional dan kawasan seperti PBB dan ASEAN. Dua dari organisasi besar didunia ini telah memberikan sinyalemen kepada negara anggotanya untuk ikut dan berperan aktif dalam penyelamatan lingkungan hidup. Tidak hanya itu, PBB dengan tegas telah mengeluarkan peringatan kepada negara-negara yang menggunakan tenaga Nuklir sebagai tenaga pokok dalam berbagai bidang seperti industry, penelitian dan penerangan dalam negerinya untuk menurunkan kuantitas penggunaan Nuklir itu sendiri. Bagaimanapun Nuklir merupakan zat kimia yang sangat berbahaya bagi lingkungan hidup termasuk terhadap kehidupan manusia.
Organisasi lain yang saat ini sedang mengusahakan untuk ikut dalam pelestarian lingkungan adalah organisasi kesatuan olah raga internasional seperti FIFA dan Komite Olimpiade Internasional. FIFA telah mengintruksikan kepada negara-negara didunia terlebih kepada Tuan Rumah Piala Dunia seperti Brasil dan Russia yang akan datang agar membangun sarana dan prasarana seperti Stadion yang ramah lingkungan. Hal ini tentunya disambut baik oleh masyarakat dunia dan Brasil sebagai Tuan Rumah Piala Dunia 2014 pun berbenah dalam hal pembangunan Stadion yang nantinya akan dijadikan sebagai venue perhelatan Piala Dunia 2014. Hal yang paling terlihat saat ini dibanyak Stadion di Dunia adalah pencahayaan yang dulu bersumber dari tenaga-tenaga fosil seperti batu bara, minyak dan lain-lain kini sudah mulai ditinggalkan dan muncul fenomena baru untuk menggunakan tenaga surya sebagai sumber tenaga pencahayaan didalam stadion.
Sedangkan pada olimpiade kali ini London 2012 ada beberapa venue yang ramah lingkungan yang disediakan oleh panitia olempiade setempat. Salah satunya adalah venue untuk perhelatan hoki dan renang. Dua dari sekian venue yang ramah lingkungan pada Olimpiade London 2012 ini menggunakan bahan-bahan yang ramah lingkungan seperti kayu dan listrik yang bersumber dari tenaga surya yang diambil lewat panel surya yang diletakkan pada atap. Ada lagi pada cabang bersepeda dimana tempat yang digunakan adalah daerah perbukitan dengan pemandangan yang bagus dan harapannya adalah mengenalkan alam inggris yang menawan kepada seluruh dunia.
Dalam pengaruhnya tentu dunia olahraga sangat memiliki peran yang sangat penting dalam kampanye pelestarian lingkungan bersama dengan dunia seni. Dua bidang ini merupakan bidang yang sangat digandruni dan memiliki pengaruh yang sangat besar bagi masyarakat. Kita lihat saja dalam dunia seni seperti music dimana band-band besar di Indonesia dengan lantang telah menyuarakan penyelamatan lingkungan dan alam. Beberapa diantaranya adalah Navicula, SID, Efakrumah kaca, Dialog Dini Hari dan Nosstress. Mereka adalah band-band yang menyuarakan dan mengajak para fansnya untuk mulai mencintai alam. Dalam bidang olahraga kita lihat sepakbola yang mewakili olahraga merupakan olahraga yang paling disukai oleh masyarakat dunia jadi jika dalam sepakbola sudah diterapkan prinsip-prinsip mengenai lingkungan dan pelestarian lingkungan tentunya hal ini akan ditiru juga oleh para penggemar sepak bola didunia. Cabang lainnya adalah olah raga rekreasi yang saat ini banyak ditemui dimana-mana adalah olah raga outdor seperti flying fok dan lain-lain yang bertujuan untuk rekreasi olahraga dan kesenangan dan pengenalan kepada lingkungan dan alam. Seperti sudah menjadi tren olahraga yang menyehatkan tubuh haruslah dibarengi dengan pelestarian alam/lingkungan jika tidak tentu tidak ada artinya kita berolahraga jika tempat kita melakukan aktivitas olehraga tidak sehat. Hal inilah yang melatar belakangi pula adanya car free day dijakarta. Hal ini dilakukan untuk memberikan udara dijakarta yang setiap harinya penuh dengan gas Co2 agar sehari bisa lebih bersih. Tentunya ini akan berdampak positif bagi udara yang sudah jenuh dengan asap kendaraan. Langkah Jakarta ini pula yang saat ini diikuti oleh kota-kota besar ditanah air seperti Denpasar. Denpasar saat ini telah mengambil langkah yakni membangun jalur sepeda yang diambil dari ¼ dari jalan di kota metropolutan ini. Langkah yang sangat bijak ditengah keadaan di denpasar yang semakin mirip dengan Jakarta untuk menghargai para pengendara sepeda. Tentunya ini akan meningkatkan animo masyarakat untuk mulai beraktivitas menggunakan sepeda.
Sangat beralasan jika objek-objek pusat massa ini menjadi titik untuk menggerakkan masyarakat dalam hal pelestarian lingkungan. Pengaruh yang sangat signifikan diberikan oleh idolanya kepada fansnya menjadi alat untuk menyalurkan pengaruh tersebut. Contoh dilapangan yang sering kita lihat adalah bagaimana para fans ini rela melakukan apa saja untuk idolanya. Seperti Carles Puyol yang mendedikasikan dan mengajak seluruh fans Barcelona untuk iktu menjaga keberlangsungan kehidupan OrangUtan yang semakin mendekati kepunahan. Harapannya dengan hal ini adalah masyarakat khususnya para fans Klub Sepak bola Barcelana yang tersebar diseluruh dunia ikut berperan dalam pelestarian kehidupan orang utan.
Demikianlah paparan mengenai olah raga yang berperan penting dalam pelestarian lingkungan. Semoga harapan kita sama yakni dengan mengajak masyarakat berolahraga juga kita mengajak orang untuk ikut melestarikan lingkungan dan mencintai alam.
Tengkyu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar